Cara Berbisnis Sukses dengan Aplikasi WhatsApp (WA)


bangcipto.com - Seperti yang kita tahu WhatsApp  merupakan aplikasi jejaring sosial yang sangat populer dan marak digunakan banyak orang, yang memiliki saingan seperti instagram, line, facebook dan lain sebagainya. Mengapa WhatsApp sangan populer, karena kebanyakan orang menggunakan WhatsApp untuk berbagi informasi dan komunikasi dengan cepat dan enteng di smartphone.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin merajalela WhatsApp merilis aplikasi WhatsApp for Bussiness pada 18 Januari 2018 silam. Aplikasi ini diperuntungkan bagi para pembisnis agar lebih luas dalam jangkauan berbisnis online dan semakin mudah terhubung dengan konsumen atau pelanggan bisnisnya. Baca: 7 Trik Rahasia Aplikasi WhatsApp yang Jarang Orang Ketahui

Dengan fitur aplikasi pesan instan yang menggunakan layanan internet, tanpa batas pesan dan sistem panggilan cepat ke sesama pengguna di tambah lagi dengan dukungan aplikasi WhatsApp Bussiness untuk para pembisnis yang akan membuat WhatsApp semakin populer.


Lalu apasajakan yang membedakan WhatsApp Bussiness dengan WhatsApp massanger yang biasa kalian gunakan, mungkin bagi kalian yang belum mengetahui WhatsApp Bussiness berpendapat bahwa fitur didalamnya sama saja. Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda.

1. Logo Aplikasi

WhatsApp Bussiness memiliki tampilan baru yang sangat berbeda di bandingkan WhatsApp Messenger, bagian yang mencolok terdapat pada logonya, logo pada WhatsApp Bussiness menggunakan hufuf abjad kapital "B" yang menjadi simbol bahwa aplikasi tersebut berguna untuk bisnis.

2. Profil

Sama seperti WhatsApp Messenger, WhatsApp Bussiness memiliki fitur profil yang bertujuan agar pelanggan lama ataupun baru mengetahui tentang diri anda, bedanya WhatsApp Bussiness memiliki detail yang banyak, seperti informasi bisnis yang kalian kelola, lokasi atau alamat, kategori, email, dan website. Sementara WhatsApp Messanger hanya menampilkan nama, informasi singkat, serta nomor telepon pengguna.

3. Nama Akun Pengguna

Pada WhatsApp Messenger kalian dapat merubah nama akun tanpa adanya batasan dan bebas sesuka hati, Namun tidak pada WhatsApp Bussiness, karena nama akun pada aplikasi WhatsApp Bussiness hanya dapat di buat 1 kali dan tidak bisa di ganti. Maka dari itu kalian harus memastikan nama yang cocok untuk bisnis anda sebelum mengisinya.

4. Fitur Pesan Otomatis

Fitur inilah yang tidak ada di WhatsApp Messenger, WhatsApp Bussiness memiliki tiga fitur pesan otomatis.

Away Messege fitur ini berguna ketika ada pesan masuk dari pelanggan di luar jam kerja atau pada saat kalian tidak sempat membalas maka secara otomatis balasan pesan yang kalian buat akan terkirim.

Greeting messege, jika kalian mengaktifkan fitur ini kalian dapat menyambut pelanggan baru dengan sebuah sapaan awal dan kalian bisa langsung menawarkan produk baru secara menyeluruh kepada seluruh pelanggan.

Quick replies, Fitur ini dapat membantu kalian membalas pesan masuk dengan pertanyaan yang sama, caranya sangat mudah, dengan membuat beberapa pesan yang berkemungkinan besar para pelanggan menanyakan dengan jawaban yang sama tentang bisnis anda. Jika ada pesan yang masuk, kalian tinggal ketik simbol miring "/" maka akan muncul quck replies yang telah di buat sebelumnya. Fitur ini sangat bermanfaat karena untuk menghemat waktu dan kalian tidak capek untuk mengetikan jawaban yang sama.


5.Statistik Pesan

Pada WhatsApp Messenger kalian dapat menyembunyikan informasi setelah pesan di baca. Tapi pada WhatsApp Bussiness, kalian dapat meninjau statistik pesan yang telah terkirim dan pesan masuk dapat pula mengetahui pesan yang efektif atau yang tidak.

6. Kategori Bisnis

Pada bagian profil WhatsApp Bussiness, kalian dapat memilih kategori bisnis yang sudah terdaftar. Jika kalian tidak menemukan bisnis yang anda kelola bisa memilih "others".

7. Pemberian Tanda Centang pada Akun Bisnis

WhatsApp Bussiness melalukan verifikasi pada nomer telepon yang telah didaftarkan. Jika nomor telepon yang dipakai perusahaan atau milik pribadi yang sudah terverifikasi, pihak WhatsApp akan memberikan tanda centang berwarna hijau. Fitur ini sangat berguna agar pelanggan tidak merasa ragu untuk berbisnis dengan kalian.

8. Pengelompokan Pesan "Label"

Dengan adanya fitur ini, membuat kalian lebih mudah berbisnis dan berkomunikasi dengan pelanggan. Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp antara lain pesan baru, prospek, menunggu bayaran, terbayar, pesan selesai dan lain sebagainya. Jadi akan sangan mempermudah kalian dalam melayani pelanggan dan sesuai dengan pesanannya.

Nah, itulah sekilas informasi seputar Cara Berbisnis dengan aplikasi jejaring sosial WhatsApp. Fitur WhatsApp terbaru ini sangat bermanfaat jika kalian ingin melakukan bisnis online atau reseller, kalian akan lebih mudah mengontrol bisnis mulai jadi menjaga komunikasi, mengatur waktu bisnisnya. Banyak orang juga sukses melakukan bisnisnya lewat jejaring sosial WhatsApp ini. Semoga informasi ini dapat membantu, sekian dan terima kasih.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel