Perbedaan Oli SPX dengan Oli MPX AHM OIL

Perbedaan Oli SPX dengan Oli MPX AHM OIL

Perbedaan Oli SPX dengan Oli MPX AHM OIL

Bagi para pengendara sepeda motor, perawatan terhadap motornya adalah hal yang wajib dan sangat penting. Karena dengan pewatan kita bisa tau ada kendala kerusakan atau tidak pada motor kita. Perawatan motor biasanya ada yang rutin tiap sebulan sekali dan ada juga yang hanya beberapa saat saja. Perawatan rutin tiap sebulan sekali banyak orang biasanya mengganti oli mesin.

Jika sampai sobat telat dalam mengganti oli mesin, atau lupa mengganti oli maka akan sangat bahaya sekali. Hal ini akan mengurangi performa pada mesin seperti, mesin menjadi kasar, mesin motor kepanasan, boros bahan bakar, menurunnya kinerja mesin dan dapat membuat umur mesin menjadi pendek. Oli mesin akan membuat kinerja mesin menjadi lancar dan maksimal apabila kualitas oli pada mesin dalam kondisi yang baik. Jadi jangan sampai telat dalam mengganti oli ya sobat.

Nah, siang tadi saya pergi ke dealer motor untuk melakukan perawatan rutin motor saya Honda Vario 125 eSP CBS ISS, saat saya ingin mengganti oli mesin yang awalnya saya menggunakan oli MPX2, saya di tawarkan untuk menggunakan oli SPX2, oli mesin tersebut merupakan produksi asli dari AHM oil. Nah mungkin banyak orang masih bingung (termasuk saya) apa perbedaan dari kedua oli tersebut hehehe

Perbedaan SPX dan MPX AHM Oil

Perbedaan dari oli SPX dan MPX adalah dari bahan dasar yang digunakan kedua oli mesin ini, dimana SPX adalah oli Full Sintetis (Full Synthetic) yang dibuat dari hasil proses minyak bumi yang diseleksi dan diolah kembali. Sedangkan Oli MPX merupakan Oli Mineral yang di proses dari minyak bumi bahan standar oli.

Kelebihan Oli Full Synthetic yang terkandung pada oli SPX dari pada Oli Mineral biasa adalah tidak mudah menguap, tidak mudah teroksidasi,  memiliki molekul yang merata dan bekerja secara maksimal pada kondisi mesin panas. Cocok untuk sobat yang berpergian jauh atau yang biasa touring menggunakan motor.

Perbedaan di harga Oli SPX jelas lebih mahal dari pada Oli MPX, hal ini karena kelebihan yang ada pada Oli SPX menggunguli Oli MPX. bahkan bisa sampai 2x lipat dari harga Oli MPX. Oli SPX dan Oli MPX memiliki beberapa jenis dan memiliki beberapa perbedaan.

3 Macam Oli MPX

1. MPX1, kode 1 digunakan untuk motor tipe kopling basah seperti motor dengan transmisi manual pada umumnya.
2. MPX2, kode 2 digunakan untuk motor tipe kopling kering atau untuk motor transmisi otomatis (matic) pada umumnya.
3. MPX3 digunakan untuk motor tipe kopling basah seperti MPX1 hanya saja digunakan untuk motor Honda yang sudah lama.


2 Macam Oli SPX 

1. SPX1, kode 1 digunakan Honda untuk motor tipe kopling basah seperti motor bebek dan sport.
2. SPX2, kode 2 digunakan Honda untuk motor tipe kopling kering seperti motor matic. Seperti yang saya gunakan.


Pada dasarnya semua oli yang di produksi sangat baik untuk mesin motor, hanya saja ada yang memiliki keunggulan tersendiri pada oli yang di buat, kecocokan oli pada mesin juga sangat berpengaruh, jadi jangan asal mengisi oli mesin motor sobat dengan yang bukan pasangannya, mungkin akan berakibat fatal hehe. Yang penting jangan sampai lupa atau telat untuk merawat motor kesayangan sobat. Nah itu sedikit uraian tentang AHM Oil yang cocok untuk motor anda semoga artikel ini bermanfaat buat sobat semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar