Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Pada saat Hari Sumpah Pemuda, seringkali orang memberikan sebuah pidato dalam sebuah acara tertentu, panjang pendek suku kata dalam pidato terbut tidaklah mejadi suatu keharusan. Yang paling terpenting dalam sebuah pidato itu adalah maksud dan tujuan pidato itu sendiri.
Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Nah, Bagi Anda yang sedang mencari naskah pidato singkat peringatan hari Sumpah Pemuda, bangcipto.com berikan contohnya dengan maksud sebagai bahan referensi , Silahkan disimak

Baca Juga : Susunan Acara dan Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober
Assalamualaikum Wr.Wb.
            Yang terhormat Bapak/Ibu, saudar dan teman-teman yang saya sayangi. Pertama-tama saya panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmatnya kepada kita sekalian, sehingga di hari yang baik ini saya bisa berdiri di hadapan teman-teman semua. Tidak lupa saya sampaikan puji syukur kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membimbing kita menuju kehidupan yang lebih baik.
         Teman-teman tercinta,
Sumpah Pemuda merupakan hari dimana kita wajib memperingati perjuangan para pemuda yang telah rela berkorban untuk negeri. Begitu besar perjuangan para pendahulu kita, sehingga tidak dapat dinilai meskipun dengan emas dan permata. Karena mereka rela mengorbankan diri mereka, harta mereka, dan orang-orang yang mereka sayangi demi satu tujuan yang sama yaitu merdeka.
Teman-temanku sekalian,
Kita sebagai para pemuda penerus perjuangan bangsa dan negara ini, baiknya bila hasil dari perjuangan para pahlawan dimasa lampau itu tidak kita sia-siakan dengan hanya mengisi atau menghabiskan waktu kita dengan bersenang-senang dan dengan membuang waktu secara percuma. Kita jangan sampai terpengaruh akan arus globalisasi yang semakin menggerus moral bangsa. Berpikiran positif belajar dengan giat dan terus berkarya akan lebih baik bila dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan dan tidak mau berusaha.
Teman-temanku tercinta,
Dalam menghormati perjuangan pahlawan terdahulu, kita tidak perlu mengorbankan darah kita untuk negara, dangan cara khidmat pada saat mengikuti upacara, sudah termasuk penghormatan terhadap para pahlawan. Oleh karena itu, dalam memperingati hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda ini marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa juga moral bangsa. Marilah kita meningkatkan sumber daya manusia bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan yang lebih baik.
Dalam kesempatan ini saya ingin membacakan kembali teks Sumpah Pemuda yang diputuskan dalam kongres pemuda 2 waktu itu dengan maksud untuk mengingatkan kembali :
Sumpah Pemuda
Pertama:Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Demikian pidato singkat yang bertemakan Sumpah Pemuda ini saya sampaikan, mudah-mudahan kita sebagai penerus bangsa dapat mengemban amanat tersebut dan menjalankannya agar bangsa ini menjadi bangsa yang bermoral, adil, makmur dan sejahtera. Mohon maaf bila ada salah kata yang tidak disengaja.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar